PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP N 5 KUBUNG KABUPATEN SOLOK

Yuli, Enjelina and Lutfian, Almash and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII SMP N 5 KUBUNG KABUPATEN SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
35. cover.pdf

Download (244kB)
[img] Text
35. skripsi.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa adalah kurangnya aktivitas siswa, tidak ada keinginan siswa untuk belajar secara mandiri, sumber materi hanya terfokus pada guru. Untuk mengatasi keadaan tersebut, penulis melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Dalam Proses Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 5 Kubung.”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell di kelas VII SMP N 5 Kubung. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe The Learning Cell lebih baik dari hasil belajar matetamatika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII SMP N 5 Kubung.. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 5 Kubung tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.B sebanyak 24 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.D sebanyak 23 orang siswa sebagai kelas kontrol. Aktivitas belajar matematika siswa pada kelas eksperimen secara umum lebih tinggi dari aktivitas belajar matematika siswa pada kelas kontrol. Walaupun pada setiap pertemuan aktivitas belajar siswa tidak selalu mengalami peningkatan dan hanya dominan pada aspek aktivitas poin (1) Siswa berdiskusi dengan pasangannya sesuai dengan materi yang di berikan, poin (2) Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru. Sedangkan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel penelitian, setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh = 0,106 dengan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:49
Last Modified: 20 Oct 2023 07:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16914

Actions (login required)

View Item View Item