PENERAPAN METODE BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 PADANG

Yulya, Handayani and Lutfian, Almash and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN METODE BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 34 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
36. COVER YULYA.pdf

Download (512kB)
[img] Text
36. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Rendahnya hasil belajar matematika siswa tersebut salah satunya disebabkan karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru, dan kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran . Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan metode Buzz Group. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode Buzz Group dan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. (2) untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan metode Buzz Group dengan hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Pertanyaaan pada penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas belajar siswa selama diterapkannya metode Buzz Group dan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan LKS yang diterapkan pada Metode Buzz Group lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 padang”. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.7 sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol dan VIII.9 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen. Data aktivitas belajar diperoleh dari lembar observasi yang terdiri dari lima indikator kelas eksperimen dan kelas kontrol. Aktivitas belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 07:48
Last Modified: 20 Oct 2023 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16915

Actions (login required)

View Item View Item