PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHERDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PADANG

Cappry, Yoda Pratama and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHERDALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
37. COVER.pdf

Download (522kB)
[img] Text
37. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah kurangnya motivasi danproses pembelajaran matematikamasihberpusatkepada guru. Beberapa model pembelajaran telah diterapkan guru, salah satunya adalah diskusi kelompok, namun pembagian kelompok yang secara acak mengakibatkan kerja kelompok kurang efektif. Untuk memperbaiki keadaan tersebut, peneliti mencoba melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model PembelajaranKooperatifTipeNumbered Heads Together dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Padang”. Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuihasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together di kelas VIII SMPN 3 Padang. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakahhasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenggunakan modelpembelajarankooperatiftipeNumbered Heads Together di kelasVIII SMPN 3 Padang. Hipotesis yang diajukan adalah hasil belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMPN 3 Padang. Jenispenelitian yang digunakanadalahpenelitianeksperimen.Populasidalampenelitianiniadalahsiswakela sVIII SMPN 3 Padangtahunpelajaran 2016/2017.SampeldalampenelitianiniadalahkelasVIII 5sebanyak 35 orang sebagaikelaseksperimendankelasVIII 3sebanyak34 orang sebagaikelaskontrol. Berdasarkanhasilanalisis data tesakhirbelajarsiswa, keduakelassampelberdistribusi normal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:08
Last Modified: 20 Oct 2023 08:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16916

Actions (login required)

View Item View Item