PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANG

Citra, Putri Permatasari and Lutfian, Almash and Fazri, Zuzano (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
38. COVER.pdf

Download (508kB)
[img] Text
38. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagian besar hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang masih berada di bawah KKM, salah satunya disebabkan oleh kurangnya aktivitas yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort. Dengan diterapkannya strategi ini diharapkan siswa memiliki perhatihan dalam pembelajaran dan siswa lebih memahami konsep pembelajaran serta siswa optimis untuk mengungkapakan pendapatnya di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajar siswa selama diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort dan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang (2) untuk membandingkan hasil belajar matematika yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort dengan hasil belajar matematika menggunakan pembelajaran biasa pada siswsa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang. Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimana perkembangan aktivitas belajar siswa selama diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort dan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang? Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Card Sort lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswsa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII7 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:10
Last Modified: 20 Oct 2023 08:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item