PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LEMBANG JAYA

Cici, Afrilia and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LEMBANG JAYA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
39. COVER.pdf

Download (412kB)
[img] Text
39. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kemampuan siswa yang masih rendah dalam memahami matematika. Siswa hanya mengharapkan penjelasan dari guru dan mengerjakan tugas yang telah di berikan contoh sebelumnya. Akibatnya pembelajaran kurang efektif, karena hanya sebagian kecil siswa yang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran, untuk mengatasi hal ini maka penulis mencoba menerapkan pendekatan SAVI. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan pendekatan SAVI pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang Jaya. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimanakah aktivitas siswa dalam belajar matematika selama menerapkan pendekatan SAVI pada kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang Jaya?. Hipotesis penelitian adalah Hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran menerapkan pendekatan SAVI lebih baik dari pembelajaran biasa pada kelas VIII SMP Negeri 1 Lembang Jaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri I Lembang Jaya tahun pelajaran 2016/2017. Untuk pengambilan sampel dilakukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas populasi dan uji kesamaan rata-rata. Siswa kelas VIII2 dengan 32 orang terpilih sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII3 dengan 30 orang terpilih sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah perlakuan yang diberikan kepada kelas sampel saat penelitian yaitu penerapan pendekatan SAVI pada kelas eksperimen dan pembelajaran biasa pada kelas kontrol. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar matematika siswa yang diperoleh setelah diberikan perlakuan sesuai variabel bebas. Uji hipotesis hasil tes akhir matematika siswa dianalisis dengan menggunakan uji t.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:15
Last Modified: 20 Oct 2023 08:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16918

Actions (login required)

View Item View Item