Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 34 Padang

EMI, SURYANI PUTRI and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2017) Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 34 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
40. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
40. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi olehrendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 34 Padang.pembelajaran di kelas masih terpusat pada guru dan kurangnya respon siswa dalam interaksi siswa dengan guru maupun antara siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, kurangnya keinginan siswa untuk bertanya atau siswa kurang aktif selama proses belajar mengajar berlangsung, siswa merasa kesulitan dan kebingungan untuk menyelesaikan latihan, meteri belum terkait dengan kehidupan nyata.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa setelah digunakan model pembelajaran kontekstual pada kelas VII SMPN 34 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 34 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu teknik random sampling, dan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak, sehingga terpilih kelas VII.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematika. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah = 0,85. Aktivitas belajar matematika siswa pada kelas kedua kelas sampel mengalami fluktuasi, persentase aktivitas belajar matematika siswa lebih cendrung meningkat namun masih terdapat penurunan persentase pada beberapa pertemuan, dan pada setiap aktivitas dari pertemuan 1 sampai pertemuan 6 terjadi peningkatan dan penurunan persentase. Sedangkan hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel penelitian, setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh = 3,79

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:17
Last Modified: 20 Oct 2023 08:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16919

Actions (login required)

View Item View Item