ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 10 PADANG

LESLI, DIACHTARI and Rita, Desfitri and Fauziah, Fauziah (2017) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TENTANG HIMPUNAN KELAS VII SMP NEGERI 10 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
42. COVER.pdf

Download (440kB)
[img] Text
42. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal tentanghimpunan. Selain itu, nilai ujian semester ganjil matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang tahun pelajaran 2016/2017 masihdi bawah KKM. Untuk itu perlu dilakukan analisis kesulitan yang dialami siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalahmenganalisis kesulitan-kesulitan yang dialami siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang dalam menyelesaikan soal himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proposive sampling dan terpilih kelas VII E sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian berupa tes diagnostik dan wawancara.Dikarenakanwaktusekolah yang singkatmakapenulishanyamenggunakanintrumenpenelitantesdiagnostik yang berupasoalulanganhariandanpenulisjugatidakbisamewawancaraisiswa yang menjadisubjekwawancara. Pertanyaanpenelitianiniadalah; 1) berapapersenkahsiswakelas VII SMP Negeri 10 Padang yang mengalamikesulitanfaktasaatmenyelesaiaknsoalHimpunan?; 2) berapapersenkahsiswakelas VII SMP Negeri 10 Padang yang mengalamikesulitankonsepsaatmenyelesaiaknsoalHimpunan?; dan 3)berapapersenkahsiswakelas VII SMP Negeri 10 Padang yang mengalamikesulitanprinsipsaatmenyelesaiaknsoalHimpunan? Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ; 1) siswa yang mengalamikesulitanfakta 87,1%;2) siswa yang mengalamikesulitan konsep 58,06%;dan 3)siswa yang mengalami kesulitan prinsip 93,55%. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya guru dalam mengajar lebih memfokuskan pada pemahaman siswa terhadap materi dan memperhatikan materi prasyarat yang harus dikuasai siswa sebelum mempelajari materi baru. Selain itu, sebaiknya guru juga melakukan analisis terhadap kesulitan yang sering dialami siswa dalam menyelesaikan soal sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:27
Last Modified: 20 Oct 2023 08:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item View Item