PENGGUNAAN LKS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 PADANG

LAKSMITA, DEWI and Mukhni, Mukhni and Fauziah, Fauziah (2017) PENGGUNAAN LKS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
43. Cover.pdf

Download (595kB)
[img] Text
43. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa berdasarkan persentase nilai ulangan MID Semester Ganjil siswa kelas VII SMPN 3 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dibawah KKM. Kurangnya analisis siswa dalam memecahkan masalah berupa soal matematika yang menjadi salah satu faktornya. Adapun alternatif yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini dengan menggunakan LKS dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMPN 3 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan LKS dan membandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan LKS pada siswa kelas VII SMPN 3 Padang. Hipotesis pada penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan LKS lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan LKS. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian untuk pengujian hipotesis digunakan uji U Mann-Whitney pada taraf = 0,05. Data hasil perhitungan dari tes akhir diperoleh = 0,0002 < 0,05. Dengan demikian hipotesis terima yang dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan LKS lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya tanpa menggunakan LKS pada siswa kelas VII SMPN 3 Padang. Oleh karena itu, peneliti menyarankan kepada guru bidang studi matematika dapat menggunakan LKS sebagai salah satu sumber bahan ajar dan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:29
Last Modified: 20 Oct 2023 08:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item View Item