ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PADANG

Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2017) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
44. COVER.pdf

Download (301kB)
[img] Text
44. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang ini sudah memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik, namun belum mampu menggunakannya dengan tepat. Hal ini terlihat dari hasil penyelesaian masalah dari tugas-tugas yang diberikan, bahwa siswa masih belum mampu mengemukakan ide yang dimiliki. Dalam pengerjaannyapun, ada siswa terlalu percaya diri dalam menyelesaikan masalah, sehingga tidak menyadari kesalahan yang dilakukan. Siswa juga masih ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan guru selama proses pembelajaran berlangsung, serta ada siswa yang hanya menyalin tugas temannya meski siswa tersebut memiliki kemampuan yang cukup untuk menyelesaikan sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam penyelesaian masalah matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pertanyaan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tingkat kemampuan metakognisi yang dimiliki siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang dalam menyelesaikan masalah matematika? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Padang. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling dan terpilih kelas VII.7 sebagai kelas sampel. Instrumen penelitian berupa tes tertulis dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sudah menggunakan kemampuan metakognisinya dengan cukup baik dalam menyelesaikan masalah. Namun dari hasil angket, kesadaran siswa untuk mengemukakan kesimpulan terlihat tinggi, sedangkan pada jawaban tes masih banyak siswa yang tidak mengemukakan hasil atau kesimpulan penyelesaian masalah. Rata-rata persentase pencapaian indikator kemampuan mengemukakan hasil pada tes adalah 1% sedangkan pada angket adalah sebesar 80,6%. Ini berarti siswa masih belum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:30
Last Modified: 20 Oct 2023 08:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item