Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang

Nurul, Fajriyati Afdila and Khairudin, Khairudin and NINIWATI, NINIWATI (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
49. COVER.pdf

Download (448kB)
[img] Text
49. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang pada MID Semester Genap tahun pelajaran 2016/2017 sebaggian besar masih yang dibawah KKM. Salah satu penyebabnya kurangnya minat dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika. Agar siswa lebih antusias dan responsif terhadap pembelajaran matematika, maka salah satu solusinya yaitu guru menyajikan pembelajaran dengan model yang menarik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dalam pembelajaran matematika lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VII MTsN Durian Tarung padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Durian Tarung Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.4 sebanyak 38 orang sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebanyak 40 orang sebagai kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:38
Last Modified: 20 Oct 2023 08:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16928

Actions (login required)

View Item View Item