Penerapan Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang

Nurul, Hasanah and Zulfa, Amrina and Fauziah, Fauziah (2017) Penerapan Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
50. COVER.pdf

Download (371kB)
[img] Text
50. ISI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah pembelajaran dikelas yang masih terpusat pada guru, siswa sulit mengemukakan pendapat serta mengajukan pertanyaan, siswa kurang aktif selama proses belajar mengajar berlangsung. Untuk mengatasi keadaan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran VAK Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran VAK dengan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adalah proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran VAK lebih tinggi dari pada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.4 terdiri dari 39 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.6 terdiri dari 38 orang sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh pada = 4,97 dan db = 1 dengan Oleh karena berarti ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa proporsi hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannnya menerapkan model pembelajaran VAK lebih baik dari proporsi hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa ditolak. Maka, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang dengan menerapkan model pembelajaran VAK lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:36
Last Modified: 20 Oct 2023 08:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item View Item