Pengaruh Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Raya Kabupaten Agam

Wardatul, Fadila and Edrizon, Edrizon and Susi, Herawati (2017) Pengaruh Penerapan Metode Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Raya Kabupaten Agam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
51. COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text
51. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang berlangsung selama ini di SMP Negeri 3 Tanjung Raya Kabupaten Agam masih terpusat pada guru. Kurangnya peran siswa dalam proses pembelajaran tersebut, yang mengakibatkan siswa hanya menerima dari penjelasan guru. Akibatnya siswa kurang kreatif dalam menemukan konsep. Sehingga, pemahaman konsep siswa belum maksimal. Pemahaman konsep yang belum maksimal ini menjadi salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dalam belajar matematika siswa dengan menggunakan metode Penemuan tebimbing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa di kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjung Raya Kabupaten Agam. Hipotesis yang diajukan adalah pemahaman konsep siswa dengan menerapkan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Negeri Tanjung Raya Kabupaten Agam tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil kedua kelas melalui kesamaan rata-tara dan dipilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel, tes terdiri 7 butir soal uraian. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf α = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 5,8 sedangkan t(0,95;54) = 1,673. Karena thitung > t(0,95;54) maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa dengan menerapkan metode penemuan terbimbing lebih baik dari pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Negeri Tanjung Raya Kabupaten Agam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:48
Last Modified: 20 Oct 2023 08:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16930

Actions (login required)

View Item View Item