Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistikdalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh

Wina, Dia Izati and Fazri, Zuzano and NINIWATI, NINIWATI (2017) Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistikdalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
52. COVER.pdf

Download (474kB)
[img] Text
52. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran matematika cenderung masih satu arah, hal ini dilihat dari kurangnya siswa dilibatkan dalam pembelajaran, sehingga interaksi antar siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru kurang terlaksana dengan baik. Selain itu, permasalahan lainnya terlihat ketika peneliti melaksanakan observasi, dalam pembelajaran guru jarang memberikan soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan kurangya guru memberikan soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari mengakibatkan siwa tidak mampu menyelesaikan contoh- contoh soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini tentu berdampak pada hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitianinibertujuanuntuk melihat tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari dengan menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di sertai kuis pada kelas VII SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh dan untuk mengetahui hasil belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di Kelas VII SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh. Hipotesisdalampenelitianiniadalahhasilbelajarmatematikasiswa yang pembelajarannyamenerapkanpendekatanPendidikanMatematikaRealistik (PMR) lebihbaikdarihasilbelajarmatematika yang menerapkanpembelajaranbiasa di kelasVII SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 2 Kecamatan Payakumbuh yang terdiri dari dua kelas yang normal homogen, dan mempunyai kesamaan rata-rata. Pengambilan sampel secara acak yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan data hasilbelajarsiswapadakeduakelassampel, setelahdilakukanujihipotesisdenganuji-t padataraf α = 0,05diperoleh ( , : )yaitu 2,3127> 1,664maka terima . Sehingga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:46
Last Modified: 20 Oct 2023 08:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16931

Actions (login required)

View Item View Item