Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectually Repetition pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang

Desty, Nevitasari and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectually Repetition pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
53. COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text
53. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ketuntasan belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 27 Padang masih rendah. Salah satu faktor penyebab rendahnya persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika adalah kegiatan pembelajaran matematika di kelas masih belum banyak melibatkan siswa atau hanya terpusat pada guru, sehingga aktivitas siswa tidak dapat berkembang secara optimal. Untuk mengatasi keadaan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Auditory Intellectually Repetition pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition pada siswa kelas VIII SMPN 27 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Auditory Intellectually Repetition lebih tinggi dari peningkatan hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 27 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Aktivitas belajar matematika siswa pada kelas eksperimen secara umum lebih tinggi dari aktivitas belajar matematika siswa pada kelas kontrol. Walaupun pada setiap pertemuan aktivitas belajar siswa tidak selalu mengalami peningkatan dan hanya dominan pada aspek aktivitas poin (1) Siswa memperhatikan guru menjelaskan materi pelajaran, poin (2) Siswa mengerjakan soal yang diberikan oleh guru, poin (3) Siswa bertanya dan poin (6) Siswa membuat kesimpulan dari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Oct 2023 08:44
Last Modified: 20 Oct 2023 08:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16932

Actions (login required)

View Item View Item