Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang

Yeni Ismay, Dahlia and NINIWATI, NINIWATI and Riska, Amelia (2017) Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa Kelas VIII SMPN 27 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
2. AWAL.pdf

Download (405kB)
[img] Text
2. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar TIK siswa yang menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VIII SMPN 27 Padang masih terpusat pada guru, dan mayoritas siswa kurang berani menyampaikan pertanyaannya selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar TIK siswa menjadi rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 27 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII.3 (eksperimen) dan kelas VIII.5 (kontrol). Berdasarkan analisis diperoleh data hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 78,63 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 68,88. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T Test diperoleh nilai p (sig) = 0,002 sedangkan nilai (α = 5% dan df = 62). Jadi p (sig) 0,002 < (α) 0,05, H0 ditolak dan H1 diterima. Jika hipotesis H1 : µ1 > µ2 diterima sedangkan hipotesis H0 : µ1 = µ2 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang menerapkan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran reciprocal teaching, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:02
Last Modified: 23 Oct 2023 07:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16939

Actions (login required)

View Item View Item