Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Speed Test Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang

Rahmad, Deni and Khairudin, Khairudin and Karmila, Suryani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Speed Test Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3. COVER.pdf

Download (436kB)
[img] Text
3. RAHMAD DENI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hasil belajar TIK siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token disertai Speed Test lebih baik dari pada hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII.3 (eksperimen) dan kelas VIII.1 (kontrol). Setelah uji normalitas, uji homogenitas dan kesamaan rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Langkah penelitian selanjutnya analisis diperoleh data hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 83,44 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 78,10. Berdasarkan analisis data tes akhir siswa diperoleh thitung = 0,043 dan ttabel = 0,05. Karena thitung < ttabel maka hipotesis yang diajukan ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token disertai Speed Test lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran Time Token disertai Speed Test, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:16
Last Modified: 23 Oct 2023 07:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item