Sri Eka, Dwi Fitri and NINIWATI, NINIWATI and Karmila, Suryani (2017) Penerapan Model Pembelajaranstudent facilitator and explainingdalam Pembelajaran Teknologi Informasidan Komunikasi pada Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
7. COVER.pdf Download (394kB) | Preview |
|
Text
7. ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan,hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) siswa, yang pembelajarannyamenerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining, lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIIISMP N 15 Padang. Jenis penelitian adalahpenelitian eksperimen, dengan Populasi semua siswa kelas VIII. Sampelterdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak, yaitu kelas VIII.2 (eksperimen) dankelas VIII.1 (kontrol).Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran student facilitator and explainingsedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkananalisis data diperoleh hasil belajarpada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai78,60 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 68,53.Analisis datates akhir siswa diperoleh Sig=0,004, sedangkan analisis indeks gain mempunyai skor Sig =0,001, karena Sig< 0,05 maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaninglebih baikdari hasil belajar TIKsiswa yangmenerapkan pembelajarankonvensional. Kata Kunci :Student Facilitator And Explaning, TeknologiInformasidanKomunikasi,Eksperimen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 23 Oct 2023 07:21 |
Last Modified: | 23 Oct 2023 07:21 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16944 |
Actions (login required)
View Item |