Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Kartika 1-6 padang

Afliya, Marta Fitri and Karmila, Suryani and Adlia, Alfiriani (2017) Penerapan Model Pembelajaran SAVI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran TIK di SMP Kartika 1-6 padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
8. COVER.pdf

Download (18MB)
[img] Text
8. AFLIYA MARTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran SAVI (Somatic, Audiotori, Visual, dan Intelektual) lebih baik dari model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2016/2017 serta melihat peningkatan hasil belajarnya melalui analisa gain. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas VIII sebanyak 108 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling, setelah melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan kesamaan rata-rata. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII.1 sedangkan kelas kontrol kelas VIII.2. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data yang dilakukan dengan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, uji hipotesis menggunakan uji T-Tes dan uji Gain menggunakan uji independen sampel t tes, dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran SAVI memiliki rata-rata ketuntasan 79,68% dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 69,08% dan hasil uji hipotesis sebesar 3,823 atau > 0,05 kemudian analisis gain dengan sig. (2.tailed) sebesar 0,109 > 0,05 maka dapat dideskripsikan bahwa (1).Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol (2).Terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang lebih baik pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kata kunci : Penelitian eksperimen, model SAVI dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:24
Last Modified: 23 Oct 2023 07:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16945

Actions (login required)

View Item View Item