Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO di Kelas VIII SMP N 5 Payakumbuh.

ZAZA, YUSARI YAHYA and Edrizon, Edrizon and PUSPA, AMELIA (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO di Kelas VIII SMP N 5 Payakumbuh. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) BAB I.pdf

Download (586kB)
[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB)
[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) COVER.pdf

Download (314kB)
[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (418kB)
[img] Text
21 zaza yusari yahya (1610013211019) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang terbilang masih rendah. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa yang masih di bawah KKM dan selain itu guru juga belum dapat mendeskripsi secara detail permasalahan yang ada pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan taksonomi SOLO di kelas VIII SMP N 5 Payakumbuh. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan taksonomi SOLO di kelas VIII SMP N 5 Payakumbuh. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 5 Payakumbuh dengan 4 subjek penelitian yang diambil dari 28 siswa. Pemilihan subjek penelitian berdasarkan pada hasil penyelesian soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diberikan secara daring dan rekomendasi oleh guru matematika. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil angket validasi soal tes oleh validator ahli diperoleh nilai rata – rata kevalidan 3.5 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil soal tes kemampuan pemecahan masalah berdasarkan taksonomi SOLO diperoleh 42% siswa sudah mampu mencapai level unistruktural, 36% sudah mampu mencapai level multistruktural, 17% sudah mampu mencapai level relasional dan 5% siswa mampu mencapai level abstrak diperluas serta berdasarkan hasil wawancara dengan 4 subjek, subjek A1 hanya dapat sampai pada level unistruktural karena hanya mampu memenuhi indikator yang telah dijabarkan dilevel unistruktural, subjek A2 dapat sampai pada level multistruktural karena telah memenuhi indikator yang telah dijabarkan pada level multistruktural, subjek A3 dapat sampai pada level relasinonal karena telah memenuhi indikator yang telah dijabarkan pada level relasional dan subjek A4 dapat sampai pada level abstrak diperluas karena telah memenuhi indikator yang telah dijabarkan pada level abstrak diperluas. Dari hasil penelitian ini, disarankan siswa untuk sering berlatih mengerjakan soal – soal kemampuan pemecahan masalah, agar siswa terbiasa mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:09
Last Modified: 25 Nov 2020 03:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1695

Actions (login required)

View Item View Item