Hubungan Manajemen Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Padang

Abdur, Rahman and Gusmaweti, Gusmaweti and Hendra, Hidayat (2017) Hubungan Manajemen Kelas dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Produktif Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Muhammadiyah 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
17. COVER.pdf

Download (582kB)
[img] Text
17. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis hubungan manajemen kelas dengan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Muhammadiyah 1 Padang tahun pelajaran 2016/2017, berjumlah 41 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan bantuan program aplikasi IBM SPSS Statistics 23. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data angket manajemen kelas dari masing-masing aspek sebagai berikut: (1) aspek kegiatan awal pembelajaran sebesar 84,25%; (2) aspek pelaksanaan proses pembelajaran sebesar 85,75%; (3) aspek evaluasi pembelajaran sebesar 84,56% dengan rata-rata sebesar 84,99% dan termasuk kategori baik. Dari hasil uji korelasi antara manajemen kelas dengan prestasi belajar menggunakan rumus Pearson Product Moment, koefisien korelasi menunjukan angka 0,645 dan termasuk pada tingkat hubungan kuat. Dari hasil uji signifikansi menggunakan rumus uji t dengan taraf signifikansi 0,05 menunjukan hubungan yang signifikan. Variabel manajemen kelas berkontribusi dengan variabel prestasi belajar sebesar 41,6%, sedangkan sisanya 58,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini, seperti faktor inteligensi peserta didik, motivasi belajar dan lingkungan keluarga. Kata Kunci : Manajemen Kelas, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:02
Last Modified: 23 Oct 2023 08:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16954

Actions (login required)

View Item View Item