Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran KKPI Kelas X SMK Kartika 1-2 Padang

Admizar, Admizar and Karmila, Suryani and Hendra, Hidayat (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Spontaneous Group Discussion (SGD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran KKPI Kelas X SMK Kartika 1-2 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
18. COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text
18. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe spontaneous group discussion (SGD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran KKPI di SMK Kartika 1-2 Padang tahun pelajaran 2016/2017 serta melihat peningkatan hasil belajarnya melalui analisa gain. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas X sebanyak 170 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas X.Akuntansi 1 sedangkan kelas kontrol X.ADP 2. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji nomalitas, kesamaan rata-rata, homogenitas, dan hipetosis dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion memliki rata-rata ketuntasan 73,08% dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 50,00%, dan hasil uji hipotesis sebesar 0,035 atau < 0,05 kemudian analisis gain dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,026 atau < 0,05. Maka dapat dideskripsikan bahwa (1). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. (2). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Spontaneous Group Discussion dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Spontaneous Group Discussion lebih baik dari pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Penelitian eksperimen, Model SGD, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 23 Oct 2023 08:04
Last Modified: 23 Oct 2023 08:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16955

Actions (login required)

View Item View Item