Hubungan Peranan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang

Budi, Afanta and Ashabul, Khairi and Rini, Widyastuti (2017) Hubungan Peranan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
3. COVER.pdf

Download (409kB)
[img] Text
3. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar siswa kelas VIII di SMP N 1 Gunung Talang pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan penelitian ini untuk menganalisa besarnya pengaruh peranan orang tua terhadap hasil belajar TIK siswa kelas VIII SMP N 1 Gunung Talang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptifyang bersifat korelasional. Populasi penelitian berjumlah 162 orang dan sampel berjumlah 64 orang siswa kelas VIII.1 dan VIII3 SMP N 1 Gunung talang tahun pelajaran 2016/2017. Data hasil belajar di peroleh dari tes hasil belajar yang telah peneliti buat berdasarkan RPP dari guru mata pelajaran TIK kelas VIII. Data ini merupakan cerminan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Sedangkan data peranan orang tua dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan statistika dengan bantuan SPSS versi 16 untuk di analisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peranan orang tua mempunyai hubungan terhadap hasil belajar sebesar 47,6%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan peranan orang tua mempunyai hubungan terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Peranan Orang Tua, Hasil Belajar, metode deskriptif korelasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:15
Last Modified: 24 Oct 2023 06:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16969

Actions (login required)

View Item View Item