PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 1 PARIANGAN

Aprendi, Aprendi and Khairudin, Khairudin and ERIL, SYAHMAIDI (2017) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 1 PARIANGAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
9. COVER.pdf

Download (230kB)
[img] Text
9. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya pengaruh komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 1 Pariangan pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas VIII SMP N 1 Pariangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Populasi penelitian berjumlah 47 orang dan sampelnya berjumlah 22 siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 SMP N 1 Pariangan tahun pelajaran 2016/2017. Data pengaruh komunikasi interpersonal guru dan siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik dengan bantuan SPSS versi 17 untuk analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa besarnya pengaruh komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap aktivitas pembelajaran sebesar 46,64%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: pengaruh komunikasi interpersonal, aktivitas belajar, korelasi deskriptif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:27
Last Modified: 24 Oct 2023 06:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16975

Actions (login required)

View Item View Item