Aprendi, Aprendi and Khairudin, Khairudin and ERIL, SYAHMAIDI (2017) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DAN SISWA TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK DI SMP NEGERI 1 PARIANGAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
9. COVER.pdf Download (230kB) | Preview |
|
![]() |
Text
9. ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan rendahnya pengaruh komunikasi interpersonal siswa kelas VIII SMP N 1 Pariangan pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran TIK siswa kelas VIII SMP N 1 Pariangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Populasi penelitian berjumlah 47 orang dan sampelnya berjumlah 22 siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 SMP N 1 Pariangan tahun pelajaran 2016/2017. Data pengaruh komunikasi interpersonal guru dan siswa dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik dengan bantuan SPSS versi 17 untuk analisis korelasi dan regresi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa besarnya pengaruh komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap aktivitas pembelajaran sebesar 46,64%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh komunikasi interpersonal guru dan siswa terhadap aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: pengaruh komunikasi interpersonal, aktivitas belajar, korelasi deskriptif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:27 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:27 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |