Mona, Aliza Putri and Khairudin, Khairudin and Ashabul, Khairi (2017) Penerapan metode penyelesaian masalah (Problem solving) pada pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi kelas X SMA PGRI 1 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
12. AWAL.pdf Download (311kB) |
|
Text
12. ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya penyelesaian masalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang, sehingga hasil belajar siswa juga rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penyelesaian masalah siswa dengan penerapan (problem solving) lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas X.5 (eksperimen) dan kelas X.6 (kontrol). Berdasarkan analisis diperoleh data hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 78,63 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 68,88. Setelah dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sample T Test diperoleh nilai p (sig) = 0,002 sedangkan nilai (α = 5% dan df = 85). Jadi p (sig) 0,002 < (α) 0,05, H0 ditolak dan H1 diterima. Jika hipotesis H1 : µ1 > µ2 diterima sedangkan hipotesis H0 : µ1 = µ2 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang menerapkan metode l pembelajaran (problem solving) lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran (problem sol
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 24 Oct 2023 06:43 |
Last Modified: | 24 Oct 2023 06:43 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16978 |
Actions (login required)
View Item |