Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok

Muhammad Ivan, Pratama and Khairudin, Khairudin and Adlia, Alfiriani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe Course Review Horay pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang Kabupaten Solok. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
14. COVER.pdf

Download (448kB)
[img] Text
14. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 1 Gunung Talang tahun pelajaran 2016/2017. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII.2 (eksperimen) dan kelas VIII.3 (kontrol). Berdasarkan analisis diperoleh data hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 79,00 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 66,57. Berdasarkan analisis data tes akhir siswa diperoleh thitung = 0,001 dan ttabel = 0,05.Karena thitung < ttabel maka H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang menerapkan model pembelajaran Course Review Horay lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Sehingga model pembelajaran ini baik untuk digunakan pada mata pelajaran TIK. Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:49
Last Modified: 24 Oct 2023 06:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item