Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Integrated Reading And Composition Pada Mata Pelajaran TIK Kelas V111 Di SMPN1 Kuantan Mudik

MIRA DIATI, MIRA DIATI and Khairudin, Khairudin and Karmila, Suryani (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Integrated Reading And Composition Pada Mata Pelajaran TIK Kelas V111 Di SMPN1 Kuantan Mudik. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
15. AWAL.pdf

Download (308kB)
[img] Text
15. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) pada mata pelajaran TIK Di SMPN 1 Kuantan Mudik tahun pelajaran 2016/2017 serta melihat peningkatan hasil belajarnya melalui analisa gain. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V111 sebanyak 100 orang, teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas V111.1 sedangkan kelas kontrol kelas V111.3. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji nomalitas, kesamaan rata-rata, homogenitas, dan hipetosis dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Integrated Reading And Composition memliki rata-rata ketuntasan 69,95% dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 64,8%, dan hasil uji hipotesis sebesar 2,673 atau > 1,685 kemudian analisis gain dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,3735 atau < 0,05. Maka dapat dideskripsikan bahwa (1). Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. (2). Terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Integrated Reading And Composition dengan siswa pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Integrated Reading And Composition lebih baik dari pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Penelitian eksperimen, Model pembelajaran kooperatif Integrated Reading And Composition(CIRC), Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2023 06:51
Last Modified: 24 Oct 2023 06:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item