Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran TIK SMP Angkasa Lanud Padang

Febriandi, Dipo Kusworo and Ashabul, Khairi and Karmila, Suryani (2017) Hubungan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran TIK SMP Angkasa Lanud Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21. COVER.pdf

Download (257kB)
[img] Text
21. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Angkasa Lanud Padang dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Tujuan penelitian ini untuk menganalisa hubungan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMP Angkasa Lanud Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Populasi penelitian berjumlah 99 orang. Sampel berjumlah 69 orang siswa kelas VIII.1. dan VIII.2 SMP Angkasa Lanud Padang Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel yaitu random sampling. Instrumen penelitian menggunakan dari angket. Sedangkan data lingkungan sekolah dan motivasi belajar dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian data dianalisis menggunakan statistika dengan bantuan SPSS versi 17 untuk dianalisis korelasi dan regresinya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berkontribusi terhadap motivasi belajar sebesar 23,81%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan lingkungan sekolah berhubungan positif dengan motivasi belajar siswa. Kata Kunci : Lingkungan sekolah, Motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:21
Last Modified: 24 Oct 2023 07:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16987

Actions (login required)

View Item View Item