Penerapan strategi learning cell terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada siswa kelas VIII SMPN 4 Sutera kabupaten pesisir selatan

Dino Sutrisno, Dino Sutrisno and Khairudin, Khairudin and Rini, Widyastuti (2017) Penerapan strategi learning cell terhadap hasil belajar mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada siswa kelas VIII SMPN 4 Sutera kabupaten pesisir selatan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
22. COVER.pdf

Download (340kB)
[img] Text
22. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (926kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran learning cell lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 4 Sutera. Proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas VIII SMPN 4 Sutera masih terpusat pada guru dan mayoritas siswa kurang berani menyampaikan pertanyaannya selama proses pembelajaran. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar TIK siswa rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menerapkan strategi pembelajaran learning cell. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMPN 4 Sutera Padang tahun pelajaran 2015/2016. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas VIII2 (eksperimen) dan kelas VIII1 (kontrol). Berdasarkan analisis diperoleh data hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 79,17 dan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 67,72. Berdasarkan analisis data tes akhir siswa diperoleh nilai sig 0,0005 < 0,05 maka hipotesis yang diajukan diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang menerapkan strategi pembelajaran learning cell lebih baik dari hasil belajar TIK siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran, learning cell, Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 24 Oct 2023 07:22
Last Modified: 24 Oct 2023 07:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16988

Actions (login required)

View Item View Item