ALIH KODE GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PADANG

Randi, Alamhuri and Syofiani, Syofiani and Romi, Isnanda (2017) ALIH KODE GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS VII DI SMP NEGERI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
4. COVER.PDF

Download (163kB)
[img] Text
4. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis alih kode dan penyebab terjadinya alih kode oleh guru dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 3 Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan oleh Chaer dan Agustina (2004) tentang jenis alih kode dan penyebab terjadinya alih kode. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik rekaman, yaitu merekam tuturan guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat perekam, mentranskripsikan hasil rekaman dalam bentuk tulisan, mengelompokkan tuturan berdasarkan objek yang diteliti. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui jenis alih kode yang sering digunakan adalah alih kode intern yaitu guru menggunakan alih kode yang berlangsung antar bahasa, seperti dari bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau atau bahasa daerah, begitu juga sebaliknya. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penyebab terjadinya alih kode oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia yaitu guru menggunakan alih kode karna perubahan situasi adanya orang ketiga yaitu siswa. Siswa yang dimaksud bukan siswa secara keseluruhan tetapi salah satu siswa yang namanya disebutkan, disebabkan guru yang memberikan penegasan agar siswa lebih mendengarkan dan memahami sehingga guru melakukan alih kode dalam proses pembelajaran. Perubahan situasi di dalam kelas saat guru memberikan penjelasan dan memberikan teguran kepada siswa sehingga terjadinya alih kode pada tuturan guru tersebut disebabkan oleh perubahan situasi dari keadaan formal ke informal, dan perubahan topik pembicaraan yaitu adanya topik pembicaraan guru kepada siswa di luar materi pelajaran yang disampaikan pada hari tersebut. Kata Kunci : Alih kode guru, bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 06:50
Last Modified: 30 Oct 2023 06:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16996

Actions (login required)

View Item View Item