ALIH KODE TUTURAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII SMPN 29 PADANG

Rima, Sri Apriani and MARSIS, MARSIS and Romi, Isnanda (2017) ALIH KODE TUTURAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN SENI BUDAYA KELAS VIII SMPN 29 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
10. COVER.pdf

Download (270kB)
[img] Text
10. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

ABSTRAK Dalam penelitian ini dibahas pemakaian alih kode tuturan guru dalam proses pembelajaran Seni Budaya kelas VIII SMPN 29 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fungsi alih kode menurut Nursaid dan Maksan, penyebab alih kode menurut Nursaid dan Maksan serta menurut Chaer dan Agustina dan tujuan guru melakukan alih kode dalam proses pembelajaran Seni Budaya kelas VIII di SMPN 29 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Fokus penelitian ini adalah fungsi alih kode, penyebab alih kode serta tujuan guru melakukan alih kode dalam proses pembelajaran kelas VIII SMPN 29 Padang. Teknik pengumpulkan data dilakukan dengan cara: (1) merekam tuturan guru yang terjadi dalam proses pembelajaran dengan menggunakan alat perekam handphone samsung, (2) memindahkan atau mentranskipkan data yang telah direkam dalam bentuk tulisan, (3) menentukan dan mengelompokkan tuturan yang telah menggunakan alih kode, (4) menganalisis dari tuturan guru yang telah menggunakan alih kode dalam proses belajar mengajar. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui rekaman audio seorang guru Seni Budaya kelas VIII SMPN 29 Padang. Objeknya adalah alih kode yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran senibudaya di kelas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teori yang dikemukakan oleh Nursaid dan Maksan (2002) tentang fungsi alih kode, dan (2) teori yang dikemukakan oleh Nursaid dan Maksan (2002) dan Chaer dan Agustina (2004) tentang penyebab alih kode. Proses penelitian mendapatkan 62 data alih kode tuturan guru dalam proses pembelajaran Seni Budaya kelas VIII SMPN 29 Padang. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan penyebab alih kode yaitu (1) kecakapan berbahasa sebanyak 32 data, (2) lawan bicara atau lawan tutur sebanyak 18 data, dan (3) rasa kekecewaan sebanyak 12 data. Fungsi alih kode yaitu (1) mengkhususkan orang sebanyak 6 data, (2) mengulangi pernyataan sebanyak 7 data, (3) menyampaikan seruan sebanyak 41 data, dan (4) mengembangkan keakraban sebanyak 8 data. Dari hasil penelitian yang diperoleh, telah terjadi alih kode tuturan guru dalam proses pembelajaran Seni Budaya kelas VIII SMPN 29 Padang Fungsi dan penyebab alih kode, guru beralih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau atau dari bahasa Minangkabau ke bahasa Indonesia. Alih kode ini bertujuan agar siswa paham dengan materi yang disampaikan guru. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa alih kode yang dilakukan guru bertujuan agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, mengembangkan rasa keakraban antara guru dengan siswa, sehingga tercipta suasana kelas yang nyaman pada saat proses pembelajaran. Kata Kunci: alih kode, guru, Seni Budaya, SMPN 29, Padang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:04
Last Modified: 30 Oct 2023 07:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17002

Actions (login required)

View Item View Item