PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII.5 MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 31 PADANG

Novi Fitriani, Novi Fitriani and Hasnul, Fikri and Dainur, Putri (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR DAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VIII.5 MELALUI MODEL THINK TALK WRITE (TTW) BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DI SMP NEGERI 31 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
11. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
11. Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, terutama pada keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan menulis siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang melalui model Think Talk Write (TTW) berbasis media audiovisual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang aktivitas yang dijelaskan oleh Sadirman (2014), teori tentang keterampilan menulis yang dikemukakan oleh Tarigan (2008), teori tentang konsep model pembelajaran yang dikemukakan oleh Huda (2014), serta teori tentang media pembelajaran yang dikemukakan oleh Azhar (2003). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, tes tertulis, dan catatan lapangan. Pada penelitian ini terdapat dua pokok data yang akan dianalisis,yaitu (1) data proses yaitu data yang berkaitan dengan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar, (2) data hasil yaitu, data yang berhubungan dengan dengan hasil keterampilan menulis. Berdasarkan hasil penelitian diketahui: (1) rata-rata presentase aktivitas siswa siklus I adalah sebesar 75% dan pada siklus II adalah sebesar 87% (terjadi peningkatan sebesar 12%), (2) rata-rata hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus 1 adalah 81,25 dan pada siklus II adalah 87,14 (terjadi peningkatan sebesar 5,89). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write (TTW) berbasis media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas belajar dan keterampilan menulis siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 31 Padang. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Menulis, Model TTW, Media Audiovisual.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:42
Last Modified: 30 Oct 2023 07:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17003

Actions (login required)

View Item View Item