PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PADANG

Melani, Sofia Tika and Hasnul, Fikri and Dainur, Putri (2017) PENGARUH METODE KARYA WISATA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
13. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
13. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis puisi, khususnya siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Hal ini antara lain disebabkan oleh strategi pembelajaran dalam menulis puisi kurang efektif sehingga siswa kurang berminat menulis puisi dan siswa mengalami kesulitan dalam menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah hasil belajar siswa yang diajar dengan metode karya wisata lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan metode konvensional pada keterampilan menulis puisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendapat (1) Suparno dan Muhammad Yusuf (2006) tentang keterampilan menulis puisi, (2) Aminuddin (2004) tentang puisi, (3) Wardoyo (2013) tentang Menulis puisi, (4) Hamzah Uno (2007) tentang metode pembelajaran, (5) Mulyasa (dalam Hamdayama,2005) tentang metode karya wisata. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang dengan jumlah 139 siswa yang terbagi pada 5 kelas. Sampel diambil secara cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII.3 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional dan kelas VII.5 dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode karya wisata. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar menulis puisi siswa eksperimen dengan nilai 78.00 dan nilai terendah di kelas kontrol dengan nilai rata-rata 67.16. Data hasil belajar diperoleh melalui tes menulis puisi. Kemudian data dianalisis dengan uji-t yang sebelumnya diuji normalitas sampel menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas. Instrumen penelitian ini berupa tes subjektif (uraian). Berdasarkan hasil penelitian didapat (t-hitung 8.623 > t- tabel 2.091), sehingga hipotesis HI diterima dan HO ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode karya wisata memberi pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 3 Padang. Kata kunci: Metode Karya Wisata, Keterampilan Menulis Puisi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:37
Last Modified: 30 Oct 2023 07:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17005

Actions (login required)

View Item View Item