PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X C SMA NEGERI I ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU RIAU BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA (EXPERENTIAL LEARNING)

Nurzakiah, Nurzakiah and Hasnul, Fikri and Romi, Isnanda (2017) PENINGKATAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X C SMA NEGERI I ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU RIAU BERDASARKAN PENGALAMAN SISWA (EXPERENTIAL LEARNING). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
16. COVER.pdf

Download (205kB)
[img] Text
16. SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat dan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X C SMA Negeri I Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat dan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X C berdasarkan pengalaman siswa (experential learning) di SMA Negeri I Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Riau. Teori yang digunakan adalah yang dikemukakan oleh Burhan Nurgiyantoro (2003), tentang cerpen, Hamdani (2011) tentang minat, Hosnan (2014) tentang pengertian experential learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X C SMA Negeri I Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Riau yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tertulis, pencatatan lapangan, dan angket minat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui: (1) rata-rata hasil minat menulis cerpen siswa pada siklus I adalah 79,46 dan meningkat menjadi 83,89 pada siklus II. (2) rata-rata hasil menulis cerpen siswa pada siklus I 75,95 dan meningkat menjadi 87,75 pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model experential learning dapat meningkatkan minat dan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X C SMA Negeri I Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu Riau. Kata kunci : Minat, Cerpen, Metode Experential Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 08:05
Last Modified: 30 Oct 2023 08:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17008

Actions (login required)

View Item View Item