Pengaruh Sertifikasi terhadap Kompetensi Sosial Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia SMP MTS dan SMA Se-Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung

SYAFRI, ANGGEL PUTRA and Hasnul, Fikri and Syofiani, Syofiani (2017) Pengaruh Sertifikasi terhadap Kompetensi Sosial Guru Bidang Studi Bahasa Indonesia SMP MTS dan SMA Se-Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
17. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
17. Syafri Anggel.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh sertifikasi terhadap kompetensi sosial guru bidang studi bahasa Indonesia SMP MTS dan SMA Se-Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung. Acuan teori yang dipakai dari pendapat Mulyasa (2008) tentang standar kompetensi dan sertifikasi guru. Sujanto (2009) tentang cara efektif menuju sertifikasi guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex-postfacto. Data bersumber dari responden rekan sejawat guru, siswa-siswi, dan masyarakat diperoleh dari pengisian angket (kuesioner). Kemampuan guru dilihat sebagai bagian dari anggota masyarakat bagaimana berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, dan tenaga kependidikan, serta masyarakat sekitar. Guru yang telah bersertifikasi sebanyak 8 orang dan guru yang belum bersertifikasi 9 orang. Dari hasil uji normalitas dan uji homogenitas ternyata bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis ternyata thitung > ttabel yaitu thitung = 1,8030 sedangkan ttabel = 0,0250 maka 1,8030 > 0,0250 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa kompetensi sosial guru bahasa Indonesia SMP MTS dan SMA Se-Kecamatan Sumpur Kudus Kabupaten Sijunjung yang bersertifikasi berpengaruh dibandingkan dengan guru yang belum sertifikasi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa sertifikasi berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi sosial guru. Kata Kunci: Kompetensi sosial, guru sertifikasi, guru belum sertifikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 08:03
Last Modified: 30 Oct 2023 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17009

Actions (login required)

View Item View Item