Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Mendayung Impian Karya Reyahan M. Abdurrohman

Asri, Febriyani and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2017) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Dalam Novel Mendayung Impian Karya Reyahan M. Abdurrohman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
18. ISI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] Text
18. COVER.PDF

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama dalam novel “Mendayung Impian” karya Reyhan M. Abdurrohman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai sastra yang dikemukakan oleh Ahadiat (2007), Atmazaki (2007), Nurgiyantoro (2010), Widjojoko dan Hidayat (2006) sedangkan mengenai pendidikan karakter digunakan teori yang dikemukakan oleh Kurniawan (2013). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yaitu dengan cara mengumpulkan, mengelompokkan, mengidentifikasi, menganalisis, menginterpretasikan data dan menyimpulkan data. Objek penelitian ini adalah pendidikan karakter yang terdapat di dalam novel “Mendayung Impian” karya Reyhan M. Abdurrohman. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan nilai pendidikan karakter (1) peduli sosial muncul ketika Vano ingin membantu mereka yang tidak mampu sekolah, (2) gemar membaca dicerminkan oleh tokoh Vano yang menemukan buku yang dicari dan membuat Vano ingi membacanya, (3) bersahabat/komunikatif yaitu tokoh Vano yang menanggapi pertanyaan siswa dengan bijak dan penuh kasih sayang membuat siswa senang belajar dengannya, (4) rasa ingin tahu muncul ketika Vano ingin mengetahui latar belakang kedua anak yang dibelikannya buku, (5) kreatif dicerminkan oleh tokoh Vano yang menemukan ide unik dan mendapat respon baik dari siswa, (6) mandiri yaitu dengan tegas Vano menyatakan bahwa cara mengajar sesuai dengan cara dan idenya sendiri, (7) Demokratis dicerminkan oleh tokoh Vano yang memiliki pemikiran kalau anak didiknya memiliki hak untuk diberi kesempatan bangkit dan berjuang, (8) kerja keras muncul ketika tokoh Vano berusaha mendapatkan tambahan uang walaupun dengan cara meminjam kepada temannya, (9) menghargai prestasi yaitu tokoh Vano merasa bangga dan sangat menghargai prestasi yang telah dicapai meskipun terkadang ada kerikil yang menghadang, dan (10) religius berupa mengajarkan kepada Zali agar selalu bersyukur atas apa yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai pendidikan karakter yang paling dominan digunakan adalah peduli sosial yang dapat dilihat pada tokoh utama adalah orang yang paling peduli terhadap orang lain Kata Kunci: nilai-nilia pendidikan karakter, tokoh utama, novel mendayung impian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:57
Last Modified: 30 Oct 2023 07:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17010

Actions (login required)

View Item View Item