Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas X SMK YPM Zain Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman

Zola, Aulia Siska and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2017) Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas X SMK YPM Zain Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
21. COVER.pdf

Download (228kB)
[img] Text
21. SKRIPSI_ZOLA.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media gambar siswa kelas X SMK YPM Zain Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Pendapat yang digunakan dalam analisis data ini adalah pendapat yang dikemukakan oleh Finoza (2010) menjelaskan karangan argumentasi memiliki ciri: (1) mengemukakan alasan atau bantahan sedemikian rupa dengan tujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar menyetujuinya; (2) mengusahakan pemecahan suatu masalah; (3) mendiskusikan suatu persoalan tanpa perlu mencapai satu penyelesaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan analisis data perolehan hasil Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas X SMK YPM Zain Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman siswa dapat dikelompokkan menjadi 7 kualifikasi. 7 kualifikasi tersebut, yaitu sebanyak 9 orang siswa (47,37%) berada pada kualifikasi sempurna, 2 orang siswa (9,36%) berada pada kualifikasi baik sekali, 1 orang siswa (4,09%) berada pada kualifikasi baik, 2 orang siswa (7,02%) berada pada kualifikasi lebih dari cukup, 2 orang siswa (5,85%) berada pada kualifikasi hampir cukup, 1 orang siswa (2,3%) berada pada kualifikasi kurang, dan 2 orang siswa (3,51%) berada pada kualifikasi kurang sekali. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis argumentasi siswa berada pada kualifikasi baik, didapatkan dari jumlah keseluruhan nilai siswa sebesar 1511,12 dibagi dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang sehingga didapatkan nilai rata-rata siswa sebesar 79,54. Ini menjelaskan bahwa siswa telah mampu menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media gambar karena nilai siswa sudah berada di atas rata-rata nilai KKM yaitu 75. Kata Kunci: kemampuan menulis, argumentasi, media gambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:52
Last Modified: 30 Oct 2023 07:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17013

Actions (login required)

View Item View Item