Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Melalui Metode Point-Counter-Point di SMP Bunda Padang

Juwita, Eka Putri and Hasnul, Fikri and Gusnetti, Gusnetti (2017) Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Melalui Metode Point-Counter-Point di SMP Bunda Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
19. COVER.pdf

Download (129kB)
[img] Text
19. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Bunda Padang dalam pembelajaran keterampilan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi dan keterampilan menulis puisi siswa kelas VIII melalui metode Point-Counter-Point di SMP Bunda Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, adalah teori yang dikemukakan oleh Hamalik (2012), Sardiman (2014), dan Wena (2011) tentang motivasi, Semi (2009) dan Tarigan (2008) tentang keterampilan menulis, Suprijono (2015) tentang metode Point-Counter-Point, dan Arikunto (2012) tentang penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Bunda Padang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 23 orang siswa. Pada penelitian ini terdapat dua pokok data yang akan dianalisis yaitu proses dan data hasil dalam proses pembelajaran menulis. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes tertulis, dan pencatatan lapangan. Data proses berkaitan dengan motivasi siswa selama pembelajaran sedangkan data hasil yaitu yang berhubungan dengan hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui (1) rata-rata hasil motivasi siswa pada siklus I adalah 72% meningkat menjadi 76,58% pada siklus II, (2) rata-rata hasil belajar keterampilan menulis siswa pada siklus I sebesar 61,02 dan meningkat menjadi 79,55 pada siklus II. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan metode Point-counter-Point dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi di kelas VIII SMP Bunda Padang. Kata Kunci: motivasi, keterampilan menulis, metode Point-Counter-Point

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 31 Oct 2023 08:30
Last Modified: 31 Oct 2023 08:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17033

Actions (login required)

View Item View Item