Alih Kode Guru-Guru dalam Proses Pembelajaran di Kelas VIII MTsN Tandikat, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman

Desmarika, Desmarika and MARSIS, MARSIS and Dainur, Putri (2017) Alih Kode Guru-Guru dalam Proses Pembelajaran di Kelas VIII MTsN Tandikat, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
29. COVER.pdf

Download (265kB)
[img] Text
29. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan fungsi alih kode, penyebab alih kode, dan tujuan alih kode guru dalam proses pembelajaran di kelas VIII MTsN Tandikat Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang digunakan adalah pendapat Sumarsono dan Partana (2002:201) tentang pengertian kode. Nursaid dan Maksan (2002:108) tentang alih kode. Nursaid dan Maksan (2002:121) tentang mendeskripsikan fungsi alih kode, Nursaid dan Maksan (2002:119) tentang penyebab alih kode. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dikemukakan oleh Moleong (2005:11). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran di kelas VIII MTsN Tandikat ditemukan data guru melakukan alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Minangkabau atau sebaliknya dan alih kode dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab atau sebaliknya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pemakaian alih kode tindak tutur guru dalam proses pembelajaran di kelas VIII MTsN Tandikat, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman adalah penyebab alih kode ada dua yaitu rasa kekecewaan dan kecakapan berbahasa sedangkan fungsi alih kode ada empat yaitu fungsi alih kode mengkhususkan orang, fungsi alih kode menyampaikan seruan, fungsi alih kode mengulang pernyataan, dan fungsi alih kode mengembangkan keakraban Kata Kunci : alih kode, fungsi alih Kode, penyebab alih kode

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 01 Nov 2023 02:44
Last Modified: 01 Nov 2023 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17043

Actions (login required)

View Item View Item