Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Tindak Tutur Asertif kelas XII pada Proses Belajar-Mengajar di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung , Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman

Yuni, Deswita Sari and MARSIS, MARSIS and Syofiani, Syofiani (2017) Kesantunan Berbahasa Siswa dalam Tindak Tutur Asertif kelas XII pada Proses Belajar-Mengajar di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung , Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
33. COVER.pdf

Download (272kB)
[img] Text
33. SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam tindak tutur siswa di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman. Teori yang dipakai dikemukkan oleh lakoff (1972), Fraser (1978), Brow dan Lefison (1978), dan lecch (1983) dalam Chaer (2010) tentang teori kesantunan berbahasa yang terdiri atas tiga prinsip yaitu formalitas, ketidaktegasan dan kesamaan atau kesekawan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data berupa tuturan siswa terhadap guru dalam proses belajar-mengajar di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Langkah-langkah yang dilakukan untuk menganalisis data yang digunakan adalah (1) mengelompokkan tuturan yang diungkapkan oleh para siswa. (2) menganalisis struktur kesantunan tuturan siswa terhadap guru. (3) menganalisis tuturan siswa sesuai dengan prinsip-prinsip kesantunan. (4) mendeskripsikan hasil analisis data. (5) dan menyimpulkan. Hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur asertif siswa terhadap guru dalam proses belajar-mengajar, yaitu tindak tutur asertif menyatakan, mengusulkan, membual, mengeluh, dan mengemukakan pendapat. Setelah dilihat dari analisis data dari lima tindak tutur yang dijadikan prinsip dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XII pada proses belajar-mengajar lebih banyak menggunakan bahasa yang kurang santun, karena saat melakukan penelitian siswa tersebut banyak yang menjawab pertanyaan guru dengan jawaban yang kurang santun dengan nada yang tinggi. Kata Kunci :Kesantunan, Tindak Tutur, Asertif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:58
Last Modified: 01 Nov 2023 03:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17047

Actions (login required)

View Item View Item