Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman

Yesya, Eriska Dewi and Gusnetti, Gusnetti and Dainur, Putri (2017) Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai, Kabupaten Padang Pariaman. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
34. COVER.pdf

Download (234kB)
[img] Text
34. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan. (1), keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum diterapkan model Problem Based Learning (PBL).(2),keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sesudah diterapkan model Problem Based Learning (PBL).(3), menganalisis perbedaan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning(PBL).Teori yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu; (1) keterampilan menulis karangan deskripsi yang dikemukan oleh Semi (2003), (2) model Problem Based Learning(PBL)yang dikemukakan oleh Amir (2010), (3) penerapan model Problem Based Learning(PBL) dalam keterampilan menulis karangan deskripsi yang dikemukakan oleh Sutrisno (2006). Jenis penelitian ini kuantitatif. Metode penelitian yang diterapkan metode deskriptif analitis. Desain penelitian ini adalah Pre-test, Post-test, group design. Prosedur penelitian: (1) tahap pre-test, (2) perlakuan, dan (3) Post-test. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai. Jumlah seluruh siswa kelas X 120 orang, terdaftar pada Tahun ajaran 2016-2017. Sampel penelitian siswa kelas X.2 SMA Negeri 2 Batang Anai yang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes unjuk kerja. Teknik pengumpulan data: (1) melakukan Pre-test, teknik pengumpulan data sebelum diterapkan Model Problem Based Learning (PBL), (2) penerapan model Problem Based Learning (PBL), (3) mengadakan post-test. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan: (1), keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sebelum diterapkan model Problem Based Learning(PBL) berada pada kualifikasi “lebih dari cukup” dengan nilai 68,30. (2), keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai sesudah diterapkan model Problem Based Learning (PBL) berada pada kualifikasi “baik” dengan nilai 85,90. (3), Jadi penerapan model Problem Based Learning ( PBL) berpengaruh secara signifikan terhadap rata-rata nilai keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai yaitu 11 > 2,04 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan n-2. Kata Kunci : Model, Problem Based Learning, Menulis Karangan Deskrpsi Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:56
Last Modified: 01 Nov 2023 03:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17048

Actions (login required)

View Item View Item