Perkembangan Kepribadian Tokoh Utama dan Kaitannya dengan Latar dan Amanat dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia

Nani, Hidayati and Dainur, Putri and Syofiani, Syofiani (2017) Perkembangan Kepribadian Tokoh Utama dan Kaitannya dengan Latar dan Amanat dalam Novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
51. COVER.pdf

Download (320kB)
[img] Text
51. ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aspek id (2) aspek ego (3) aspek super ego (4) konflik batin dan kaitannya dengan latar dan amanat dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia.Teori yang digunakan adalah pendapat Minderop mengenai aspek id, aspek ego, aspek super ego. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Fokus penelitian ini adalah mengenai konflik batin tokoh utama dan kaitannya dengan latar dan amanat dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan format pengumpulan data. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara membaca serta mencatat novel yang berkaitan dengan konflik batin dan mengelompokkan data. Sedangkan analisis data dilakukan dengan (1) mengidentifikasi (1) Mengidentifikasi data yang telah terkumpul sesuai dengan aspek yang telah diteliti. (2) Mendeskripsikan data-data yang berhubungan dengan masalah penelitian yaitu mengenai konflik batin tokoh utama dan kaitannya dengan latar dan amanat novel “Cinta di Ujung Sajadah” karya Asma Nadia. (3) Menarik kesimpulan dari hasil analisis untuk melihat konflik batin tokoh utama dan kaitannya dengan latar dan amanat dalam novel ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh dalam novel Cinta di Ujung Sajadah ini mengalami konflik batin. Konflik batin yang dialami oleh tokoh dapat dilihat dari peristiwa-peristiwa yang dialami, seperti yang dialami oleh Cinta, ia yang berkeinginan untuk hidup dengan Ibu kandungnya bukan dengan Ibu dan saudara-saudara tirinya (dipengaruhi oleh aspek id). Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa gambaran konflik batin dalam novel Cinta di Ujung Sajadah karya Asma Nadia dialami tokoh utama yaitu Cinta. Dikarenakan ketidakseimbangan antara aspek id, ego, dan superego. Kata Kunci: Konflik Batin, Latar dan Amanat, novel Cinta di Ujung Sajadah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 01 Nov 2023 06:25
Last Modified: 01 Nov 2023 06:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17065

Actions (login required)

View Item View Item