PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHERTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA BAHASA INDONESIA DI SDNEGERI 13 KAPALO KOTO PADANG

Dea, Angel Puspita and Wirnita, Eska and Arlina, Yuza (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHERTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA BAHASA INDONESIA DI SDNEGERI 13 KAPALO KOTO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (167kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 20 Kurao Padang. Jenis penelitian ini eksperimen dengan menggunakan design true experimental design yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 20 Kurao Padang, dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara undian, sehingga didapatkan kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 24 orang siswa dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar siswa yang diperoleh pada akhir kegiatan penelitian. Data dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data diperoleh t���� = 2,24 dan t�� �= 1,68 yaitu t����>t�� � maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan penerapan pengaruh pembelajaran Koopertif tipe Numbered Head Together memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV A semester 2 SDN 20 Kurao Padang. Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe numbered head together, hasil belajar, true experimental design.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:29
Last Modified: 06 Nov 2023 07:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17109

Actions (login required)

View Item View Item