UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 06 MUARA SAKAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING

Eva, Syafrina and Edrizon, Edrizon and NINIWATI, NINIWATI (2017) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 06 MUARA SAKAI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (884kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (146kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing. Hasil belajar matematika siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan ini adalah lembar obsevasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah persentase siswa yang memiliki ketuntasan belajar pada siklus I adalah 55% meningkat menjadi 75% pada siklus II. Rata-rata nilai pada siklus I adalah 58,5 meningkat menjadi 77 pada siklus II. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing dapat meingkatkan aktivitas terlihat dari persentase ratarata aktivitas siswa pada siklus I adalah 52% meningkat menjadi 68,5% pada siklus II. Disimpulkan bahwa pembelajaranmatematika khusunya tentang topik sifat-sifat bangun datar dan bangun ruang melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowbal Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada guru agar dapat mempertimbangkan penggunaan model ini Kata Kunci: Snowball Throwing, Aktivitas, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:21
Last Modified: 07 Nov 2023 02:21
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17139

Actions (login required)

View Item View Item