PENGARUH MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 30 AIR DINGIN PADANG

Fatmi, Dinolasari and Syofiani, Syofiani and Muhammad, Sahnan (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 30 AIR DINGIN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (601kB)
[img] Text
BAB V- PENUTUP.pdf

Download (175kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Centered Learning terhadap hasil belajar pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 30 Air Dingin Padang. Teori yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori yang dikemukakan Susanto (2014) tentang pembelajaran Bahasa Indonesia dan model pembelajaran Problem Centered Learning yang dikemukakan Istarani (2011). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi adalah seluruh siswa kelas V di SDN 30 Air Dingin Padang yang berjumlah 55 orang siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah adalah Randomized Control Group Posttst Only Design dan didapatkan kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Hasil belajar tes akhir menunjukkan nilai rata-rata Bahasa Indonesia siswa kelas V di SDN 30 Air Dingin Padang, dengan menggunakan model Problem Centered Learning dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 81,8 dan nila rata-rata kelas kontrol 76,9 dengan taraf uji statistik ( α =0,05) di peroleh thitung = 1,74 dan ttabel =1,68 berarti thitung > ttabel, maka hipotesis H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang menggunakan model Problem Centered Learning lebih baik dari pada hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional pada materi persoalan faktual di kelas V di SDN 30 Air Dingin Padang. Kata Kunci : Model Problem Centered Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 02:42
Last Modified: 07 Nov 2023 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17147

Actions (login required)

View Item View Item