PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL GUIDED TEACHING DI SDN 23 TAMPUNIK

Intan, Salvira (2017) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL GUIDED TEACHING DI SDN 23 TAMPUNIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
C0VER- BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (106kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN 23 Tampunik pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model guided teaching. Teori yang dijadikan acuan pendapat yang dikemukakan oleh Tarigan (2008), model guided teaching menggunakan pendapat Silberman (2010:118), dan untuk hasil belajar keterampilan berbicara siswa menggunakan pendapat Sudjana (2011). Jenis penelitian itu adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 23 Tampunik, yang berjumlah 22 orang. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, nilai hasil belajar keterampilan siswa dalam berbicara. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata keterampilan berbicara siswa pada siklus I yaitu 69,34 meningkat menjadi 82,97 pada siklus II. Dengan meningkatnya keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia berdampak pada nilai akhir siklus dengan rata-rata 66,13 pada siklus I, meningkat menjadi 80,9pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa keterampilan siswa dalam berbicara pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model guided Teaching dapat meningkat. Kata Kunci: Guided Teaching, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 07 Nov 2023 07:45
Last Modified: 07 Nov 2023 07:45
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17168

Actions (login required)

View Item View Item