PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD SABBIHISMA 1 PADANG

Isnawati, Isnawati and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALLY TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD SABBIHISMA 1 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (510kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (163kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian inibertujuan untuk membuktikan bahwa hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD Sabbihisma 1 Padang tahun pembelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V SD Sabbihisma 1 Padang, teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling,dan terpilih kelas eksperimen yaitu kelas VC sedangkan kelas kontrol VA. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji t nomalitas, homogenitas, dan hipetosis. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually memliki rata-rata hasil belajar 83,58 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata hasil belajar 77,6 dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,25 dan ttabel = 2,003. Hal ini berarti thitung > ttabel, dimana 3,25 > 2,003 dengan demikian dapat disimpulkanHasil belajar PKn siswa kelas V SD Sabbihisma 1 Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individually lebih baik dibandingkan dengan hasil pembelajaran yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD Sabbihisma 1 Padang. Kata kunci : Pembelajaran, team assisted individually, hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 02:27
Last Modified: 08 Nov 2023 02:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17170

Actions (login required)

View Item View Item