PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARANAKTIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD SABBIHISMA 1 PADANG

Miranti, Putri and Yusrizal, Yusrizal and Zulfa, Amrina (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARANAKTIF TIPE PRACTICE REHEARSAL PAIRS TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD SABBIHISMA 1 PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (169kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe practice rehearsal pairs lebih baik dari hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Sabbihisma I Padang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas IV SD Sabbihisma I Padang berjumlah 80 orang siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling. Kelas eksperimen yaitu kelas IVA sedangkan kelas kontrol yaitu kelas IVC. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji nomalitas, uji homogenitas variansi, dan uji hipetosis dengan menggunakan uji t. Pada hasil penelitian ini, siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran aktif tipe practice rehearsal pairs memperoleh rata-rata hasil belajar 83,11 dan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata hasil belajar 77,92 dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung= 2,276 dan ttabel = 2,008. Jadi thitung > ttabel Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe practice rehearsal pairs lebih baik dari hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Sabbhisma I Padang. Kata Kunci : Strategi pembelajaran practice rehearsal pairs, Hasil belajar PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:06
Last Modified: 08 Nov 2023 03:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17217

Actions (login required)

View Item View Item