PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIKULASI DI SD NEGERI 23 TAMPUNIK KABUPATEN PESISIR SELATAN

Nedi, Nedi and Syofiani, Syofiani and Zulfa, Amrina (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARTIKULASI DI SD NEGERI 23 TAMPUNIK KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (139kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkataning Kemampuan Berbicara dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 23 Tampunik dengan menggunakan model Artikulasi. Teori yang digunakan adalah Keterampilan Berbicara, menurut (Santosa, 2012) dan model Artikulasi menurut (Istarani, 2012). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan pembelajaran guru, lembar observasi keterampilan berbicara siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase skor keterampilan siswa dalam menjawab pertanyaan adalah siklus I dengan persentase ketuntasan 51,75% meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan 75%, Keterampilan mengeluarkan pendapat siklus I dengan persentase ketuntasan 51,85% meningkat pada siklus II dengan persentse ketuntasan 81%, keterampilan dalam berbicara siklus I dengan persentase ketuntasan 51,75% meningkat pada siklus II dengan persentase ketuntasan 73,3%, dan hasil ujian evaluasi siswa siklus I rata-rata 66,29 dengan persentase ketuntasan 48,14% meningkat pada siklus II rata-rata 74,44 dengan persentase ketuntasan 85,18%. Dari penelitian ini, disimpulkan bahwa kemampuan berbicara dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat ditingkatkan dengan model Artikulasi. Kata kunci: Bahasa Indonesia, kemampuan berbicara, Model Artikulasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:11
Last Modified: 08 Nov 2023 03:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17218

Actions (login required)

View Item View Item