PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN KONVESIONAL PADA KELAS V SDN 38 LUBUK BUAYA

Nurhayati, Nurhayati and NURHARMI, NURHARMI and Zulfa, Amrina (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN PEMBELAJARAN KONVESIONAL PADA KELAS V SDN 38 LUBUK BUAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (174kB)
[img] Text
FULL TEKS.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar kognitif dan afektif PKn siswa antara pembelajaran yang menggunakan model Numbered Heads Together dengan pembelajaran konvensional di kelas V SDN 38 Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 38 Lubuk Buaya yang terdiri dari dua kelas. Sampel diambil melalui teknik Purposive Sampling yang menghasilkan dua kelas sampel terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas VB dan satu kelas dijadikan kelas kontrol yaitu kelas VA. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t. Hasil penelitian kelas eksperimen memiliki rata-rata hasil belajar aspek kognitif PKn siswa yaitu sebesar 87,72 dan kelas kontrol yaitu 78,93. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 3,08 dan nilai ttabel sebesar 1,67 pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil belajar aspek afektif PKn siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 85,51 dan kelas kontrol 50,57. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 11,5 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar aspek kognitif dan afektif PKn siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya hasil belajar aspek kognitif dan afektif PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Nov 2023 03:20
Last Modified: 08 Nov 2023 03:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/17221

Actions (login required)

View Item View Item